Menu

Tips untuk Menata Dapur Agar Lebih Efektif

Posted by Aya Chan on

Tak jadi masalah kalau dapur anda luasnya hanya beberapa meter persegi, yang anda butuhkan hanyalah trik khusus agar manfaat ruangan ini lebih maksimal. Anda bisa menyiasati kesan sempit ini hingga berubah agak lega. Dengan trik spesial semua bisa memfungsikan dapur dengan sebaik mungkin hingga terasa nyaman. Kalau anda belum tahu caranya, kami punya beberapa di antaranya yang bisa anda aplikasikan.

Tetapi sebelum kita mulai menata ulang dapur, anda harus yakinkan dulu diri anda bahwa sesempit apapun ruang dapur anda, semua itu tetap bagus. Bahkan chef terkenal sekelas Mario Batali juga mengatakan bahwa “Hanya orang yang tidak bisa memasak yang menyalahkan peralatan memasak. Saya bisa memasak hanya dengan memakai Panggangan listrik dan oven regyler saja tapi saya bisa memasak semua masakan.” Silakan gunakan cara berikut untuk menyiasati dapur anda yang sempit.

  1. Pertama-tama cari dulu sedikit ruangan untuk memindahkan barang-barang anda di dapur. Ruangan ini sebagai tempat penyimpanan sementara saat kita sedang menata ulang dapur. Yang harus ditekankan adalah faktor kerapihan agar sesempit apapun dapur anda, nantinya bisa menjadi lebih efisien.
  2. Rubah pakem yang selama ini anda aplikasikan untuk dapur rumah anda. lepaskan itu dan ganti dengan konsep modern yang lebih baik. Contohnya dengan membuka penutup lemari di dapur agar isinya bisa dilihat dengan mudah. Kalau tidak mau pintunya dicopot,anda bisa memakai pintu kaca.
  3. Gunakan ilusi dengan perpaduan warna yang menarik. Contonhnya bila selama ini piring selalu menumpuk dan memberi kesan gak karuan, anda bisa mengecat tembok dapur anda dengan cat putih saja agar piring anda yang putih tidak terlihat dan berkesan menghilang. Dengan trik ini dapur terasa sedikit lebih luas dan nyaman.
  4. Jangan menambah perabotan lagi di dapur rumah anda. kalau anda masih tinggal sendiri anda tidak harus memiliki penanak nasi dengan ukuran yang terlalu besar. Karena anggota keluarga baru sedikit, ada baiknya jika anda tidak membeli dulu peralatan makan dalam jumlah besar.
  5. Dapur modern minimalis dan eksentrik harus memiliki tata ruang yang baik juga akses yang besar ke sinar matahari. Tanpa akses ke udara bebas, dapur anda akan terasa lembab. Beri penerangan dengan lampu yang baik, ventilasi juga harus memadai ukurannya untuk sirkulasi udara yang baik pula.
  6. Karena dapur anda luasnya terbatas, anda harus menyesuaikan pula pemilihan furniture di sana. Misalnya saja dengan memilih perabotan dengan ukuran yang kecil.

Bagaimana sahabat, 6 tips di atas sudah cukup representatif bukan? Ini adalah alternatif untuk menata ulang dapur anda agar lebih fungsional lagi.


Share this post



← Older Post Newer Post →


Leave a comment