Menu

6 Tips Membersihkan Noda Keramik di Kamar Mandi

Posted by Aya Chan on

Cara mengatasi noda kerak pada keramik
Pada dasarnya Anda dapat menggunakan pembersih yang mengandung HCl atau hidroclorida, berikut ini adalah beberapa bahan yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan keramik pada kamar mandi :

Cairan pembersih lantai
Jika noda kerak masih ringan maka Anda dapat menggunakan cairan pembersih lantai untuk membersihkan kerak. Caranya adalah dengan menuangkan cairan tersebut pada noda yang berkerak lalu biarkan selama 30 menit kemudian noda tersebut Anda gosok menggunakan sikat kawat setelah itu bilas hingga bersih.

Menggunakan cairan asam
Selain dapat menggunakan cairan pembersih lantai, Anda juga dapat menggunakan cairan asam, cairan yang dapat Anda gunakan seperti cuka. Cara menggunakannya adalah dengan membasahi noda kerak tersebut kemudian tuangkan cuka pada kerak pada keramik tersebut, diamkan selama 20 menit, kemudian noda tersebut dapat Anda gosok menggunakan sikat kawat atau batu apung. Setelah bersih bilas menggunakan air biasa.


Menggunakan asam sitrat
Anda juga dapat membeli asam sitrat di pasaran untuk membersihkan noda kerak. Langkah pertama gosok kerak menggunakan batu apung dan air sabun selama beberapa kali. Setelah itu bilas. Taburkan asam sitrat pada bagian yang berkerak yang sebelumnya sudah dibasahi terlebih dahulu. Biarkan asam tersebut bereaksi selama 1 jam kemudian bilas hingga benar-benar bersih.


Menggunakan pemutih pakaian
Pemutih pakaian tidak hanya dapat digunakan untuk mengatasi noda pada pakaian, namun juga dapat digunakan untuk mengatasi noda kerak pada keramik. Cara menggunakannya adalah dengan menuangkan cairan tersebut pada noda yang berkerak setelah itu diamkan selama 20 menit, gosok menggunakan batu apung atau sikat kawat, dan bilas hingga bersih.


Menggunakan kaporit
Menggunakan kaporit untuk membersihkan kerak pada keramik mudah saja. Pertama-tama siram noda kerak menggunakan air panas setelah itu taburkan bubuk kaporit secara merata. Diamkan selama 30 menit setelah itu bilas menggunakan air biasa. Jika ingin hasil yang lebih maksimal gosok kembali keramik tersebut degan air sabun, dan bilas kembali hingga bersih.


Menggunakan belimbing wuluh
Cara menggunakan belimbing wuluh untuk mengatasi noda kerak mudah saja, pertama gosok noda kerak menggunakan belimbing wuluh, biarkan hingga mengering, sikat kemudian bilas menggunakan air bersih.



Share this post



← Older Post Newer Post →


Leave a comment